Profil

Lemari

Ketika harta menduduki kasta tertinggi dalam gaya hidup sehari-hari, lahirlah gengsi.

Karya Ilmiah Tentang Bisnis


Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis

Membuka Usaha Toko Khusus Hardware/Komponen dan Service Komputer




Disusun oleh :

Nama                       : Nofa Dwi Purnomo
Nim                          : 14.11.8292
Jurusan/Prodi          : S1 Teknik Informatika






ABSTRAK
Peluang bisnis dalam bidang komputer saat ini sangat besar. Saat ini juga banyak usaha dalam bidang tersebut, seperti toko komputer, service komputer, handphone, jaringan komputer, dll. Tapi, untuk toko yang secara khusus menjual Hardware/Komponen komputer masih jarang ditemukan, adapun kebanyakan di kota besar.
Dalam kondisi persaingan saat ini menuntut wirausahawan melakukan rencana pengembangan bisnis sebagai pedoman untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan dengan usaha-usaha pesaingnya. Rencana pengembangan bisnis yang dilakukan dalam aspek pemasaran, manajemen, dan keuangan.
Sebelum melakukan rencana pengembangan bisnis, harus melakukan analisis keunggulan usahanya dengan pesaing di sekitarnya.
Rencana pengembangan bisnis untuk aspek pasar menggunakan matrik tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan.
Sedangkan rencana pengembangan bisnis dalam bidang manajemen adalah dengan mengatasi kelemahan sistem manajemen yang berdasar analisa terhadap sistem manajemen mencakup struktur organisasi, dan data history alokasi pekerjaan, keahlian, jumlah karyawan, dan sistem penggajian. Rencana pengembangan di bidang keuangan, menggunakan analisis kelayakan investasi, Networking Capital, dan analisis rasio hutang.
Rencana pengembangan bisnis untuk aspek pasar yang pertama adalah memperbanyak informasi keterangan barang untuk menyelesaikan masalah kelengkapan barang. Kedua adalah mempersiapkan perhitungan Minimum Order Quantity (banyaknya pemesanan) untuk memecahkan masalah ketersediaan barang. Terakhir adalah memperbanyak rekanan dalam bidang servis dan mulai mempelajari jasa perbaikan diluar komputer untuk mengatasi masalah kelengkapan jasa perbaikan.
Rencana pengembangan bisnis dalam bidang manajemen adalah merekrut beberapa pegawai untuk di pekerjakan sebagai bussines support dan technical support agar dapat mengatasi masalah kekurangan sumber daya manusia.
Rencana pengembangan bisnis dalam bidang keuangan adalah membuka peluang investasi bagi investor baru berdasarkan analisis kelayakan investasi dan memanfaatkan peluang untuk melakukan kredit atau pinjaman berdasarkan analisis rasio hutang.
  

ISI
Perkembangan Teknologi yang kian pesat khususnya komputer. Dengan ini sekaligus ikut memberikan kesempatan bisnis baru maupun lapangan pekerjaan yang baru kepada setiap orang. Komputer saat ini sangat di butuhkan oleh setiap orang dari yang masih sekolah, kuliah sampai yang bekerja. Bisa anda bayang kan betapa di butuhkannya Komputer saat ini. Sebelum anda membangun sebuah usaha dalam bidang ini, anda harus memperhatikan beberapa hal penting untuk menghindari kegagalan dalam bisnis anda.
 Ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membangun usaha ini adalah sebagai berikut :
1. Sebelum memulai usaha hal terpenting adalah pemahaman konsep produk atau jasa. Kita harus memahami teknis produksi, pasar, dan prospek (mulai dari lingkungan yang terkecil sampai terbesar).
2. Membuat visi dan misi bisnis. Tujuannya, agar fokus menjalankan usaha. Seringkali suatu usaha jatuh bangkrut saat berkembang, sebabnya tak fokus terhadap pengembangan perusahaan tapi terlalu banyak mencoba mengembangkan usaha lain.
3. Mempunyai mental tahan banting, pikiran positif, dan mau belajar serta berkembang. Dengan sikap tak mudah menyerah, mau belajar, dan melihat permasalahan secara positif membuat anda tidak mudah putus asa dalam memulai usaha dan mampu membaca peluang usaha.
4. Membuat perencanaan dan strategi usaha yang efektif. Umumnya, kegagalan usaha kecil dan menengah disebabkan tak adanya atau kurang efektifnya perencanaan.
5. Bekali diri dengan pengetahuan dasar manajemen, dan organisasi atau system. Karena, setiap usaha dari yang paling terkecil sekalipun membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distribusi, dan penjualan. Sistem menajemen yang buruk akan mengakibatkan pembengkakan biaya yang tidak perlu, pekerja tak produktif, jobdis pekerjaan tidak jelas, koordinasi, dan komunikasi antar pegawai tidak efektif sehingga banyak keputusan yang terlambat.
6. Kreatif dan punya jiwa kepemimpinan. Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan banyak mengalami permasalahan dan krisis.banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreaktivitas dan jiwa kepemimpinan. Kreaktivitas seperti ’ berpikir diluar kebiasaan umum ’ atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi kreaktif akan sangat membantu semua permasalahan usaha.



Setelah semua yang di atas anda penuhi anda tinggal Menciptakan Branding (Merek) untuk toko komputer anda dalam semalam memang hal yang sulit, tapi kalau untuk seminggu atau sebulan. Kiat-kiat sehat untuk mengembangkan Brand(Merek) usaha yang kuat ala Malcolm Gladwell Wimkhan :
1. Datangi calon konsumen anda. Kesuksesan di dunia memang bukan milik para pemalas. Jika anda ingin calon konsumen anda berbelanja di toko kebanggan anda, maka aktif lah berpromosi di lokasi strategis tempat calon konsumen anda berpusat. Untuk yang mengincar segmen mahasiswa, kegiatan dan lokasi yang masih bernuansa kampus adalah hal yang tepat.Bagaimana kalau target market anda adalah para pegawai negeri? Mudah saja, beriklanlah di acara-acara yang sering digelar oleh departemen-departemen atau BUMN. Di seminar boleh, simposium bisa, diskusi panel atau workshop juga oke.
2. Beri mereka insight bukan price list. hampir semua toko komputer membuat daftar harga barang dagangan mereka. Tapi jarang ada yang mau memberikan insight/ ringkasan baik buruknya suatu produk antara yang satu dengan yang lain bagi calon konsumennya.
3. Buatlah pancingan! pancingan adalah hal yang sangat penting. Di dalam flyer yang anda buat tadi, pasanglah pengumuman yang mencolok. Beritahu calon konsumen anda bahwa di toko anda sedang ada promo untuk sebuah produk yang sangat mereka gemari.
4. Pegawai yang menyenangkan. Layanilah para pengunjung dan calon pembeli di toko anda dengan baik. Semuanya, baik itu kepada mereka yang sungguh-sungguh ingin membeli atau kepada mereka yang hanya sekedar bertanya-tanya. Entah sudah berapa banyak calon pembeli potensial yang lenyap hanya karena para pegawai anda tidak memperlakukan mereka dengan baik ketika mereka hanya sedang ingin bertanyatanya.
5. Awasi after sales Sebagai pemilik toko komputer yang baik, anda tidak boleh meremehkan after sales atau layanan purna jual.Di dunia ini tidak ada produk elektronik yang tidak membutuhkan servis. Jadi sewaktu-waktu barang yang anda jual rusak di tangan konsumen, anda sebaiknya sudah siap untuk melayani mereka dengan lebih baik lagi.




REFERENSI
-         Dunia nyata,

-         Beberapa artikel di internet.

0 komentar: